Pelatihan Appreciative Inquiry for
Change Management
(Pelatihan Manajemen Perubahan -
Change Management)
Appreciative Inquiry (AI) adalah cara menjadi sesuatu dan melihat
sesuatu. Ini adalah pendekatan berupa worldview dan process view dalam memudahkan
terjadinya perubahan positif dalam human systems, misalnya organisasi,
kelompok, dan komunitas. Asumsinya sederhana: Setiap human system pasti memiliki sesuatu yang
sukses – sesuatu yang benar yang bisa menjadikan hidup orang menjadi lebih
efektif, lebih positif dan sukses.
AI memulainya dengan mengidentifikasi hal-hal inti yang positif ini dan
meng-connect-kan dengan cara-cara yang bisa mempertinggi energy, mempertajam
visi, dan menginspirasi tindakan untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik.
AI dipelopori oleh David Cooperrider dan Suresh Srivastva di tahun
1980-an dua orang professor pada Weatherhead School of Management at Case
Western Reserve University.
Para konsultan bidang AI ini menerapkan AI ini pada berbagai bidang dan
bisa sukses untuk mengubah organisasi, perusahaan berdasar pada strengths-based
change pada ribuan perusahaan di seluruh dunia.
Ketika anda menggunakan metodologi Appreciative Inquiry, anda bisa
memperoleh gambaran terhadap model mental, belief systems, nilai-nilai
(values), motivasi, harapan, dan mimpi-mimpi karyawan ketika mereka sedang
share cerita-cerita sukses mereka.
Ketika menerapkan AI ini, orang-orang akan mendengarkan cerita orang
lain. Mereka akan saling berbagi pengetahuan, berbagi harapan. Hanya dengan itu
mereka menjadi lebih produktif, lebih mau mendengar orang lain, dan akhirnya
melahirkan pemahaman-pemahaman baru.
Ketika orang mulai menggeser perspektif mereka, dan bisa melihat diri dan
orang lain sebagai saling menghargai, melihat hal-hal positif pada orang lain,
maka suasana positif akan menaik, dan kinerja akan meningkat.
Inti dari pendekatakan the Appreciative Inquiry adalah untuk memudahkan
menemukan kekuatan dan kemampuan yang sudah ada dalam perusahaan, dan bagaimana
kemampuan itu bisa diterapkan lagi di masa datang.
Ketika orang-orang sudah menyadari kekuatan yang ada dalam organisasi,
adalah lebih mudah untuk menaikkan kapasitas itu untuk berubah di masa datang
dan menciptakan nilai-nilai yang berharga bagi perusahaan dan bagi karyawan.
Pelatihan ini akan memperkenalkan AI, dan utamanya bagaimana menerapkan
AI untuk mengelola perubahan (change management).
Materi Pelatihan:
• Why is Appreciative Inquiry
becoming popular?
• Belief in the power of appreciation
to promote growth
• Belief in the power of inquiry
• The power of talk to change things
• The power of positive emotional
energy to achieve change
• Preparing for change
• The power of the question
• The power of conversation
• The power of conversation to
transform
• Working with story in
organizations
• Developing your conversational
practice
• How to introduce Appreciative
Inquiry and related approaches to your organization
•
Case study