Kami tidak diajarkan untuk MENGAJAR, tetapi untuk MEMAMPUKAN setiap orang agar MAU BELAJAR

Appreciative Inquiry for Change Management


Pelatihan Appreciative Inquiry for Change Management
(Pelatihan Manajemen Perubahan - Change Management)

Appreciative Inquiry (AI) adalah cara menjadi sesuatu dan melihat sesuatu. Ini adalah pendekatan berupa worldview dan process view dalam memudahkan terjadinya perubahan positif dalam human systems, misalnya organisasi, kelompok, dan komunitas. Asumsinya sederhana: Setiap human system pasti memiliki sesuatu yang sukses – sesuatu yang benar yang bisa menjadikan hidup orang menjadi lebih efektif, lebih positif dan sukses.

AI memulainya dengan mengidentifikasi hal-hal inti yang positif ini dan meng-connect-kan dengan cara-cara yang bisa mempertinggi energy, mempertajam visi, dan menginspirasi tindakan untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik.

AI dipelopori oleh David Cooperrider dan Suresh Srivastva di tahun 1980-an dua orang professor pada Weatherhead School of Management at Case Western Reserve University.
Para konsultan bidang AI ini menerapkan AI ini pada berbagai bidang dan bisa sukses untuk mengubah organisasi, perusahaan berdasar pada strengths-based change pada ribuan perusahaan di seluruh dunia.

Ketika anda menggunakan metodologi Appreciative Inquiry, anda bisa memperoleh gambaran terhadap model mental, belief systems, nilai-nilai (values), motivasi, harapan, dan mimpi-mimpi karyawan ketika mereka sedang share cerita-cerita sukses mereka.

Ketika menerapkan AI ini, orang-orang akan mendengarkan cerita orang lain. Mereka akan saling berbagi pengetahuan, berbagi harapan. Hanya dengan itu mereka menjadi lebih produktif, lebih mau mendengar orang lain, dan akhirnya melahirkan pemahaman-pemahaman baru.

Ketika orang mulai menggeser perspektif mereka, dan bisa melihat diri dan orang lain sebagai saling menghargai, melihat hal-hal positif pada orang lain, maka suasana positif akan menaik, dan kinerja akan meningkat.

Inti dari pendekatakan the Appreciative Inquiry adalah untuk memudahkan menemukan kekuatan dan kemampuan yang sudah ada dalam perusahaan, dan bagaimana kemampuan itu bisa diterapkan lagi di masa datang.

Ketika orang-orang sudah menyadari kekuatan yang ada dalam organisasi, adalah lebih mudah untuk menaikkan kapasitas itu untuk berubah di masa datang dan menciptakan nilai-nilai yang berharga bagi perusahaan dan bagi karyawan.
Pelatihan ini akan memperkenalkan AI, dan utamanya bagaimana menerapkan AI untuk mengelola perubahan (change management).

Materi Pelatihan:

      Why is Appreciative Inquiry becoming popular?
      Belief in the power of appreciation to promote growth
      Belief in the power of inquiry
      The power of talk to change things
      The power of positive emotional energy to achieve change
      Preparing for change
      The power of the question
      The power of conversation
      The power of conversation to transform
      Working with story in organizations
      Developing your conversational practice
 How to introduce Appreciative Inquiry and related approaches to your organization
      Case study